AromaRPM # Di dunia Formula 1 (F 1) kita sudah sering melihat balapan yang di selenggarakan di sirkuit dadakan tengah kota Monaco. Sebenarnya bukan dadakan karena sudah terjadwal, namun memang sirkuit ini spesial karena sirkuitnya berada di tengah kota, jalan raya disulap menjadi sirkuit untuk melaju Jet Darat tersebut.

Namun tahukan dulur semua, ternyata ada balapan motor yang juga diselenggarakan di jalanan kota?? Pastinya dulur semua tau, Isle Of Man TT. Balapan mengitari sebuah pulau, melaju cepat di jalanan kota, bertepi jurang dan hembusan angin menerpa tanpa penghalang. Namun sayang, bukan balapan itu yang saya maksud tapi. MACAU SBK. Lengkapnya tonton video di bawah ini

Balapan yang di helat di tengah jalanan kota besar, Macau. Jalanan nya khas jalanan kota, begelombang, sempit dll. Memang tidak ada jurang sepanjang sirkuit dadakan ini seperti hal nya Isle Of Man TT. Namun tak kalah seram nya, karena berdinding beton dan batu pondasi sebuah bangunan, bahkan di beberapa titik jalan nya sempit sekali, tidak lebih dari 10 meter ketika dilihat di layar TV.

Namun sayangnya saya belum mempunyai informasi jelas tentang Macau SBK ini, baik sejarahnya ataupun bagian dari sebuah event apa.

Dan anda tahu?? sirkuit tersebut juga di pakai untuk balapan mobil bertajuk FIA GT World Cup. Dan juga balapan Formula 3. Tak terbayangkan bagaimana keruwetannya…

contact = nak.salim@gmail.com