AromaRPM – Perkembangan kapasitas motor dari ketahuan selama satu dekade ini memang sangat signitifikan, jika era 10 tahun yang lalu motor dengan kapasitas 125 cc sudah termasuk waooww cc terbesar di kelasnya, sebut saja Supra X 125. Motor yang tepat di tahun yang tepat, harga yang tepat pula. Alhasil motor ini pun booming hingga merusak pasar Yamaha Jupiter Z yang kala itu di gadang-gadang raja nya bebek yang sukses mengalahkan Suzuki Shogun dan Supra X 100 cc Series.

Hingga saat ini Supra X 125 masih eksis namun memang kudu di akui zaman bebek sudah mulai lesu dan di gantikan metic. Bukan berarti bebek sudah nggak laku, namun bebek perlu di beri sentuhan lembut jadilah bebek 150 cc seperti MX king king, Satria FU dan Supra GTR yang hingga sekarang pasarnya masih ada.

Vario 110 cc LED di stop produksi oleh AHM, mengapa? bukannya pasar vario bagus? AHM mengkalkulasi bahwa pasar 110 cc kedapan tidak segemilang 150 cc. Menurut analisa super ngawur saya, pasar metic 110 cc ke depan memang sudah tidak ada harapan lagi, pasar sudah masuk ke area 150 cc. Lantas bagaimana dengan Beat? Beat memang mempunyai penjualan yang aduhai, mungkin salah satunya karena Heeemmmbbbbbbeeeerrrrrrrr…..

Namun kemungkinan besar Beat juga akan di kukut. Namun sebelum nya kemungkinan besar Vario125 cc dululah yang akan di rombak, entah apakah di rebuild ulang dengan wajah baru namun mesin sama khas honda untuk memberi nyawa tambahan pada klan 125 cc. Atau akan langsung di kukut hanya AHM yang tau. Karena bisa di bilang Vario 125 hidup di bawah bayangan Vario 150. Pastinya Beat dan Vario 125 mempunyai posisi yang sama, namun Beat lebih beruntung karena penjualan lebih suooss… Disisi lain cepat atau lambat 150 cc di depan mata.

Yamaha juga tidak kalah dengan hal ini, membersihkan klan 110 cc nya lebih dulu dan mengganti semua produknya dengan klan 125 cc. Namun jika di lihat melalui website nya, line up Metic Yamaha 125 cc terlalu banyak, bahkan dengan banyaknya pilihan penjualannya pun tidak moncer. Mungkin Yamaha juga sudah waktunya “membersihkan” 125 cc nya dan mulai konsen ke 150 cc. Salah satunya mungkin menyiapkan Xride 150 cc untuk bisa mendampingi rival nya, Honda ADV.

Suzuki? anda saja yang bahas

Oke luur… ini adalah analisa ngawuur…. jangan di ambil hati. Jika anda baper berarti anda sudah ngawur karena membaca analisa yang jelas-jelas ngawur ini….

Salam luuurr…. keep ngakak….