AromaRPM – Selamat gini hari luurr… Maaf nii… lama sekali tidak dapat share pengalaman baru. Okeeyy.. berhubung awal desember kemaren saya ada satu moment yang bikin saya agak was-was, mungkin akan sedikit bermanfaat buat dulur-dulur semua. Namun saya berdoa semoga dulur-dulur semua tidak menagalaminya… Pediiihh luurr….. 600rb sekali suntikk… padahal ada beberapa suntikan…

Jadi gini luurr.. awal bulan Desember kemaren, yang sejak seminggu sebelumnya daerah saya sering hujan lebat dan hampir terjadi setiap sore hari. Masih ingat saat itu hari minggu, karena pada pagi harinya saya menyempatkan diri untuk bersih-bersih lingkungan rumah yang nyatanya rumah saya di tengah ladang, jadi yaa rumput liar sangat banyak. Biatnya sih bersih-bersih supaya tidak ada hewan yang mendekati rumah namun apadaya ternyata hewan juga butuh kehangatan..

Minggu malam, saya mau sekedar keluar beli obat untuk anak saya yang kebetulan demam, namun baru mau menaiki motor tiba-tiba Ceploookk….. dan ada sesuatu menempel di kaki kanan saya, belum sadar kaki saya sudah reflek bergerak dan terpelanting seekor ular berwarna hijau ke arah depan saya…. (ular pohon atau ular gadung -jawa-) maaak prempeeeennggg traaataaaapppp…. alhamdulillah saya masih di beri kesempatan berpikir jernih dan tidak panik bahwa “..yaaaaa saya di gigit ular..”.  Dalam pikiran saya cuma satu, apa yg harus saya lakukan kakek saya sudah tiada (kakek saya adalah pawang ular, di beri kelebihan dapat membantu menyembuhkan gigitan bisa/racun) saya harus apa?? Mencoba melawan panik saya berpikir mencoba berpikir jernih meskipun istri sudah panik… Okeeyy.. intinya bagaimana dan apa yg harus di lakukan jikalau tergigit ular?

Ular Gadung
Ular Gadung

Jangan Panik, meskipun itu sangat susah tetap berusaha jangan panik lurr.. karena dengan panik maka akan memicu jantung untuk berdetak lebih cepat. Jika jantung berdetak lebih cepat maka racun akan cepat sekali menjalar ke seluruh tubuh.

Cari Tali dan Ikat Bagian Tubuh, Cari tali yang yang bisa di gunakan untuk mengikat bagian tubuh yg tergigit. Ikat di atas luka sekitar 30 cm. Pastikan ikat dengan kencang walaupun nanti bagian tubuh yang terikat akan membiru namun tidak apa2. Itu sangat membantu gerak racun/bisa ular tersebut.

Cari Tau Jenis Ular, Setelah semua di lakukan cari tau ular tersebut, biasanya ular kalu sudah mengigit akan berada di sekitar area tersebut. Untuk memudahkan petugas medis usahakan cari dan bunuh kalau bisa ular tersebut. Karena ular terbagi dalam beberapa jenis bisa, ada Hemotoksin, Neurotoksin dll. Anti bisa nya juga berbeda.

Cari Bantuan Medis, segera mungkin cari bantuan medis untuk mendapatkan suntikan Anti Bisa secepatnya.

Luka yang sudah di rawat medis
Luka yang sudah di rawat medis

Setelah saya lakukan semua itu, sempat juga membunuh ular tesebut saya naik motor ngebut ke rumah sakit terdekat yang kebetulan cuma 1 km atau kurang 2 menit dari rumah. Sampai di sana pastilah perawat menanyai “Digigit ular apa”? disinilah mencari tau ular tersebut sangat beguna, perawat akan memberikan anti bisa yang sesuai dengan bisa ular tersebut. Luka gigitan di sobek sekitar 1 cm untuk menyedot darah yang terlanjur kena bisa, di beri anti bisa dari dekat luka dan dari atas (lewat cairan infus) supaya organ yang belum terkena bisa bisa langsung menangkal jika bisa itu datang. Dan Alqhamdulillah bisa hanya bergerak sampai di belakang betis. Yang dirasakan?? seperti orang di pijit tapi sakit, mak nyuuut nyuuut dan itu terus merambat naik.. dan kaki jadi kaku serta sedikit bengkak.

Infus yang juga di gunakan untuk memasukan anti bisa
Infus yang juga di gunakan untuk memasukan anti bisa

Beberapa hari sebelumnya saya sempat melihat di group Fb orang tergigit ular yg sama, namun bengkak hampir di seluruh tubuh, menurut saya beliau saat itu panik dan kurang memahami cara kerja bisa ular. Jadi bisa tersebut terlanjut naik ke jantung dan menyebar di seluruh tubuh. Ok luurr,, semoga bermanfaat, bukan berarti saya mengharapkan dulur-dulur terkena kejadian serupa. Jangan sampai luuurr… Obate mahal untuk saya… hehehee….

NB : Apapun dan sebesar apapun Ular yang mengigit (Ular Berbisa) sangatlah berbahaya meskipun bisanya tidak kuat sekalipun, jika sudah masuk ke jantung dan menyebar ke seluruh tubuh minimal tubuh jadi bengkak semua. Jadi jangan menyepelekan Ular, tindakan yg tepat menghindarkan dari kejadian fatal…