AromaRPM- Selamat gini hari dulur-dulur aroma… Sejak menggunakan Monoshock YSS Z Series beberapa tahun yang lalu, kini setelah servis sekali dengan mengganti oil seal, namun sepertinya untuk sejenak YSS Z Series ini akan saya istirahatkan hingga menemukan ukuran oil seal yang sesuai ukurannya. Sebenarnya sudah saya coba carikan seal yang menurut saya gampang-gampang susah , namun ternyata ukuran seal ori KYB yang ukurannya terlalu besar diameter nya jika dipaksakan untuk tabung YSS Z Series.

  • Biang Masalah

Bisa dilihat gambar di bawah seal YSS sudah amburadul wujudnya oli shock banyak yang keluar. Dan karena seal ori KYB terlalu besar, oke deeh waktunya memang untuk ganti shock.

Kanan Seal Ori KYB, Kiri Seal YSS

Shock MX-King yang saya pilih, selain tingginya yang memang sama dengan YSS Z  Series, yaitu selisih 1 cm dari shock ori jupiter mx. Juga harga yang lebih murah dengan tinggi yang sama yaitu saay tebus dengan harga 400an rb berbeda 150 rb dari YSS Z Series yang dulu Rp. 550rb.

Merah YSS,Kuning MX-King

Perbedaan yang mencolok dengan YSS Z Series shock ini, tidak dapat diatur ulang reboundnya. Dan ulirnya pun berbeda, dimana ulir shock MX-King lebih renggang dari ulir YSS. Yang mana ulir MX-King akan lebih lembut dan lebih empuk dari YSS Z Series. Shock YSS Z Series dapat dinaikan dari standarnya dengan sedikit trik. Dan ketika dipakai menurut saya sedikit keras dari shock standar MX. Namun saya lebih klop dengan Shock ini. Ketika menggunakan Shock MX-King saya sedikit kaget dengan ke empukannya. Yang membuat saya mengenali kembali dan menyesuaikan diri pada motor saya. Ok Lurr… begitulah sedikit garis besar perbandingan 2 produk menurut saya..

  • Kesimpulan

YSS Z Series lebih Superior ketika di ajak bermanuver, sedikit lebih keras dan dapat di sett ulang ketinggiannya (dengan sedikit trik)namun akan lebih liar ketika melewati jalan yang sedikit tidak rata dan berlubang kecil (efek keras nya shock) sedangkan Shock MX-King lebih lembut dan empuk, namun saat digunakan untuk bermanuver cepat seperti ketika melewati tikungan S lebih berat saat mebalik posisi motor dari posisi miring ke kiri balik ke kanan. Namun jauh lebih nyaman ketika jalanan tidak rata dan ketika jalan santai, stabil di jalan lurus dengan kecepatan tinggi.

Salaamm…

Artikel Terkait :

https://aromarpm.com/2016/01/06/monoshock-yss-tambah-oli-karena-bocor/

https://aromarpm.com/2015/06/08/nyesek-yss-z-series-bocor-seketika/

https://aromarpm.com/2014/05/29/review-monoshock-yss-setelah-10-bulan-di-njmx/

https://aromarpm.com/2013/11/08/perihal-monoshock-yss/

https://aromarpm.com/2013/08/20/ganti-shock-new-jupiter-mx/