AromaRPM – Selamat gini hari dulur biker… setiap pemilik motor pastilah terkadang ingin bisa memperbaiki kendaraan sendiri, walau hanya sekedar memperbaiki yang ringan-ringan seperti servis ringan dan ganti-ganti part fast moving dirumah. Jadi gini mas bro, seperti ulasan yang pernah dulu saya publish.

Kali ini alur cerita hampir sama mas bro, namun jika dulu hanya seputar pengait body sekarang jauh lebih parah, jika kita bongkar karburator Jupiter MX maka akan kita temui Kabel Choke yang masuk ke Kaburator. Naaahh antara karburator dengan kabel choke kan di  ada sebuah baut atau dalam Yamaha Sparepart dinamakan CAP, PLUNGER Part Number 23. Baut Plastik tersebut berfungsi untuk mengaitkan kabe choke ke dalam karburator. Namun sayang saat iseng-iseng bersihin karburator pagi ini, Dewi Fortuna tidak berihak kepada saya, baru di putar setengah putaran baut plastik tersebut patah. Patahnya pun masih di dalam area ulir nya.

Pertama saya coba dengan dikasih lem pastik steel berharap ulir/grat baut plastik tersebut dapat tersambung dan dapat di pakai lagi. Memang dapat tersambung namun ketika hendak di masukan dalam karburator dan di kencangkan klekkk… patah maning mas bro.,.. dan percobaan ini saya ulangi 3 kali namun hasilnya tetap sama saja. Ok… disimpulkan part tersebut tidak dapat di pakai kembali. Finissh…. harus cari part pengganti..

Berpikir… berpikir dan berpikir cari part pengganti dan begitu tau harganya, seleketeb lurr… Rp. 203 rb hanya untuk sebuah part kecil yang berbentuk sekrup berlubang dan terbuat dari plastik tersebut. Di tambah lagi part tersebut dalam katalog sparepart yamaha status ketersediaanya ternyata “tidak tersedia”. Tambah bimbang g lurr….

Akhirnya niat untuk mencari part tersebut urung saya lakukan mengingat harga yang sangat tinggi dan resiko rusak pun masih akan selalu menghantui karena bahan dasar part itu sendiri dari plastik mau g mau dikemudian hari ntah hari esok atau tahun depan pasti bisa saja hal itu (patah) akan terulang lagi.

Pikir singkat cari jalan alternatif untuk menutup lobang choke yang terbuka lebar dan akhirnya dapat ide dengan memanfaat kan spoon sandal jepit bekas saya buat sebuah penutup yang dapat di gunakan sementara waktu hingga dapat ide yang lebih baik.

Lepas Pen Choke dari kabel/olor choke dan masukan kembali ke dlaam lubang choke. baru kemudian ganjal dengan spoon supaya pen tersebut tidak terlempar keluar dari karburator. Untuk sementara waktu masalah terselesaikan namun tetap harus diwaspadai bisa saja air hujan dapat rembes masuk dalam karburator.

Ok… semoga bermanfaat mas lurr.. semoga part yang satu ini di motor sampeyan tidak mengalami halk serupa dan tentunya jaga baik-baik part seperti ini.

nb : saat ini sudah ada cara alternatif memanfaatkan part dari mobil.