AromaRPM – Masih melanjutkan yang kemaren bias di cek disini, kerusakan kelistrikan pada fullwave New MX 135. Kenapa putusnya kabel kuning bisa berakibat seperti di atas dan beserta gejala yang sekiranya perlu di ketahui.
Kenapa kabel kuning berikut penjelasannya. Pada sambungan standar yang masih menganut AC/DC (NJMX 135), sistem penerangan yang masih menggunakan arus AC yang mana langsung di ambil dari spull dengan kabel kuning dan DC untuk sistem pengapiannya. Perbedaan paling mencolok terlihat dari kiproknya. Kiprok standar hanya ada 4 kabel dalam socketnya. Sedangkan jika menggunakan kiprok honda tiger akan terdapat 5 kabel dalam socketnya. 1 kabel tambahan itulah yang jadi nilai plus, kabel kuning. Kabel kuning tersebut menerima beban fungsi yang vital. Pertama-tama sebagai sambungan lampu utama, baik lampu depan, kota ataupun belakang saya jadikan satu jalur dengan kebel kuning tersebut, mengambil jalur dari kontak in. Kedua sebagai monitoring accu.
Cara bekerja monitoring, yaitu akan memantau kapasitas accu, jika accu dalam kondisi drop atau kosong maka arus akan dialirkan lebih besar supaya accu segera penuh namun jika accu sudah penuh sistem monitoring akan bekerja kembali dengan menghentikan arus dalam jalur pengisian tersebut.
Nahh… dalam kasus kemaren (kabel kuning putus) akan berakibat sangat besar, selain accu akan ngedrop terus ujung2nya spull akan terbakar. Kenapa bisa?? begini logikanya lur, karena kabel memang belum sepenuhnya putus, dalam artian masih menempel. Maka saat jalan dan kondisi aki penuh akan berjalan normal seperti tidak ada kendala pada pengecesaan, Namun ketika kabel dialiri listrik terus menerus di tambah kabel yang renggang akan menimbulkan panas pada kabel tersebut. Di saat tersambung kiprok akan membaca kondisi accu.
– Accu kondisi penuh maka kiprok akan berhenti mengecas karena terbaca pada kabel yang menyambung. Namun saat kabel putus kiprok akan berhenti/tidak dapat mengetahui besar arus yang akan di alirkan ke accu ataupun membaca voltase accu, parahnya voltase kiprok akan meningkat drastis hingga 18 V karena mengganggap accu dalam kondisi 0 V (tidak terbaca karena kabel putus) hal itu akan memberikan beban yang berat pada spull, dan accu yang menerima arus besar bisa over charge, dan jika tidak segera di atasi spull bisa terbakar. Dan ketika tersambung kembali Kiprok membaca accu sudah dalam keadaan penuh dan otomatis voltase akan menurun.
Gejalanya tenaga loyo karena accu akan semakin terkuras dan lampu, klakson akan redup baik sinar ataupun suaranya. Ok lurr… begitulah sedikit ulasan simple dari kasus arus kiprok yang kacau beberapa waktu yang lalu. Semoga bermanfaat…
Tunggu artikel berikutnya tentang kiprok tidak bisa mengisi accu yang mengakibatkan accu drop.
Salaammm….
Hadir
wah motornya NJMX, sama nih kayak punya saya. modif kelistrikanpun udah berjejal di motorku.
mulai engine cut off, side stand switch, kill AHO, klakson mobil.
tapi kelistrikan sih masih standar halfwave. soalnya masih cukup mumpuni dan gak ada masalah yg harus membutuhkan upgrade ke fullwave.
————————————————————–
ini salah satu artikel modif ala saya 😀
Broo ente make klakson mobil..?
Denso bukan..?
Ane make denso model Disc, ada 2 biji..
Ane make ke 2 nya.. dan 1 klakson butuh 12 volt.. motor ane NJMX juga, dengan kiprok R15, Aki Motobatt, Lampu depan LED 3 mata..
Nah pertanyaan ane kok klakson ane nggak sekenceng mobil yaa..?
Pakai relay nggak?
mas, itu yg putus kabel kuning dari kiprok lama yg menuju pin 2 kiprok tiger ya?
hadir om plat BG dari palembang…. njmx 2012
mau nanya gan,setelah ane ganti kiproknya,mesin hidup idlle 13 volt di gas full 14,80 volt,gmn untuk cdinya gan aman gk? dan teg untuk cdi max brp?
Itu dengan atau tanpa beban?max tegangan cdi 14.9 v. Sebenarnya 14.8 dah bahaya tu. Potensi aki jadi overcharge.
Bang klo soket no.2 lasung digabungin ama soket no.satu gimana bang ?? Kan output kontak masuknya aki +
Beda. Nomer 2 berfungsi sebagai monitoring. Ntar kalo jadi satu kiprok akan membaca aki dalam keadaan 0 v terus. Karena tidak ada tegangan yg di baca. Aki bisa overcharge.
kalau menurut saya memang harus digabung karena pada dasarnya memang digabung melalui kunci kontak. maka dari itu pada saat kunci kontak on maka lampu juga menyala.
setelah saya memasang sendiri milik saya secara garis besar saya menggabungkan no 1 & 2 (kiprok tiger) ini memang khusus ke aki. untuk kabel lampu utama yang berwarna kuning saya mengambilnya dari output kunci kontak kabel berwarna coklat. jadi kabel kuning tadi tidak di sambungkan ke pin nomor 2 (kiprok tiger) melainkan mengambil langsung ke output kunci kontak.
itu beban lampu senja sama lampu rem mas,sambungan di solder semua,gas full kiproknya kerasa hangat,apa yg perlu di cek lagi gan???
Lampu rem atau lampu belakang?? lampu rem sama lampu belakang beda lho.. lampu kota cuma 5 w. Lampu Rem 21 W. coba di gas full sambil di hidupkan semua lampunya. baik lampu depan dan injak juga rem nya. biar lampu rem juga nyala. lha tinggal dilihat berapa tegangannya..
semua dah di coba gan lampunya,teg msh hampir 15v,apa kiproknya ya gan??
Kemungkinan gitu. Pakai kiprok merk apa?
merk abal2 gan,tokado kayaknya…
gan mau tanya motor nyala n di gas voltase naik tapi ketika lampu dinyalakan juga malah voltase turun, apakah itu normal ??
trus voltase saat lampu tidak menyala bisa sampai 15v lebih..
normal itu gan… kalo lampu nyala voltase turun itu memang ada beban yang di tanggung.
gan ane punya motor ojmx mau pake projie tapi harus fullwave dulu ya ?? mhon bantuanya.
Iyaa… Wajib fullwave. Kalo g coba pakai led aja dulu. Sebagai ganti fullwave pakai adapter/converter. Cek artikel terbaru.
saya baru bli projie hid gan, mau pasang sendiri, mohon pencerahanya lewat whatsupp bisa ga gan, ?
Kalo projie saya malah belum pernah pasang gan. Mohon maaf..
njmx ane baru rubah arus dari ac k dc trus pke lampu led
baru d pke jlan” sebentar ko tiba” motornya gk bsa distarter
masalahnya apa ya gan
Kemungkinan aki g ngecas itu.
soalnya pas ganti k dc cuma lepas pasang kabel doang supaya bisa pke lampu led
apa ada yang harus d ganti???
Kiprok ganti?
engga
emang wajib??
Gan ane mau tanya nih kan ane kmren rubah arus fullwave pake kiprok ori copotan tiger 2010 tapi pas di geber volt a naik a pelan cuma mentok di 12,8 paling tinggi gak pernah nyentuh 13 volt kalo HID di nyalain volt a langsung turn di bawah 12,4 drop dh aki gw penyakit a dmna ya om kira2
Gan, ane brusan ganti NJMX ane k DC semua normal. Cuman indikator suhunya nyala jdi motor ane brebet gtu. Jdi ane tungguin deh smpe dingin. Stlah dingin dinyalain lgi ttap nyala dia gan. Tpi klo lmpunya di matiin sein dngan remnya jga normal aja dia. Itu knpa gaj ya.. Mhon pencerahannya gan dan solusinya apa..
Makasih
Wah baru kali ada ada problem gitu. Coba cek thermostat n radiatornya. Kalo masih gitu di kembaliin awal dulu aja gan. Soale belum pernah kejadian kayak gitu. Belum tau sebab akibata dan penanggulangannya.
Pengen NJMX ku ganti dr ac ke dc,tp pie aku bingung carane ngganti kiprok ori dr tiger,trus meh nyuruh ke bengkel resmi dr yamaha,aku takut kalo mereka jg tdk bs yg aku harapkan takut nanti malah ada kesalahan dn jd kebakar deh motor aku hehhehe
kalo ragu cari mekanik spesialis mas.. sebenarnya simple kok…
saya pake njmx udah fullwave, udah lumayan lama awet nya
cuma baru minggu kmaren ini motor baru saya pakai, lupa matikan lampu utama
saya pakai HID, temen saya mau pinjam pas di starter langsung drop gitu nyala indikato nya redup, sen gk kuat, klakson pkoknya semua
tapi pas udah di hidupin saklar lampu nya di hidupin lagi, nyala lampu utama dan indikator nya gk nomal kaya halfwave giu ikut putaran mesin dan nyala lampu indikator nya langsung normal terang
udah saya cek semua soket”, jalur pengapian smpai sekring semua oke, dan udah berapa hari ini dipakai dijalan gk tekor aki nya
mohon pencerahan nya gan, biar kembali normal
kemungkinan besar itu aki nya…
Gan motor ane njmx thn 2012 maklum sudah 5thn he2..kmren mw ubah dari ac ke dc ane ambil kabel kuning dari kiprok jumper ke kabel kontak..di tes nyala lampu depan sama rem..tp lama2 kabel jumper panas takut knp2 ane balikin lgi ke awal..semua normal kembali arusny ke ac lagi..tapi di bawa jalan tiba2 semua lampu putus dari headlamp,senja dan rem putus..ane kira abis di rubah semua lampu kaget..ane beli lagi lampu baru semua ane ganti..pas di jalan semua mati lagi..takut knp2 ane bawa ke bengkel takut kena kiprok..kata bengkel ini bisa kena kiprok kemudian di bengkel di coba kiprok asli yamaha di tes pakai lampu terus di gas masih te2p mati..Nah gan kira2 motor ane kenapa ya?kata org bengkel kena spullnya..bener gak gan..trims
Spull nya gan, itu konslet. Tapi coba dicek lagi gan. Ketika nyala cabut sekring di aki, jika mati motornya berarti kiprok nya rusak jika tetap nyala berarti kiprok aman. Tapi kemungkinan besar itu yang rusak spull karena arus ac dari bawah kena arus dc dari aki.
Mohon bantuan nya gan.. Sya bikin fullwave vario cw dgn kiprok tiger original.. Saat pertama2, klo kontak on voltase di 12.4 v, mesin nyala naik sekitar 14.6v, rpm tinggi naik sekitar 14.6.
Nah.. Sekarang kok kalau rpm tinggi bisa naik smpai 15v, trus aneh nya lagi klo di tambah beban lampu malah naik.. Kdang bisa jdi 15.2-15.4..
Itu ga normal kan,, kenapa ya?
Mohon bantuan nya.. Terima kasih
Dulu pernah ngalami juga, tapi pakai kiprok tiger fukuyama. Semakin tambah beban semakin naik voltasenya. Saya juga belum tau cara kerja kiprok atau kesalahan seperti itu gan. Masih nyari2 juga penyebabnya.
Saya punya Jupiter mx tahun 2012, masalah di motor saya itu lampu pendek kalau di nyalakan terus gas full panas dan keluar asap tapi lampu panjang aman tidak masalah. Saya bawah ke bengkel di test ganti kiprok tetap saja begitu. Akhirnya saya bawah pulang karena tidak yakin mekaniknya terus saya coba di rumah starter dengan cabut sekring takutnya spullnya masalah tapi motor tetap nyala. Kira2 apanya ini masalah yah. Tolong pencerahannya.
Om, saya pasang voltmeter nyambung ke kabel di speedo.
Fu posisi fullwave, kontak on 12v, mesin nyala 15v.
Akhir2 ini kalo mesin hidup, voltase gak naik alias teteo.. Ujung2nya aki tekor. Itu knp ya ?
Saya fullwave tutorial google, gak punya alat buat cek. Ada cara cek ala2 rumahan gak ?
Wa donk 087851315090
terus, cara ngatasinnya gimana gan???
Koo lampu saya masih mati yaa gan pake lampu HID,Sitem kelistrikan udh dc kiprok udah ganti tapi masih aja gak kuat aki nya buat nyalain lampu nya??tlg dong gan solusi nya?? Trim
Gan saya mau tanya ini saya dah terapkan cara cara full wave new MX tapi ini kok alat pengukur voltnya ngk bisa jalan y diem di 11v ngk mau nge Cass trs dah di coba aku normal di tukang aku juga gpp kasih saran dong gan / wa 085877196634
Aki , tukang aki
Gan motor ane NJMX stelah saya fullwave lampu senja nggak nyala kenapa ya?
Bagi pencerahannya donk
lampu utama nyala tidak?
punya saya sudah modif fullwave. pernah kejadian yang sangat berbahaya (memang keteledoran saya) ketika menggunakan sekering darurat (sehelai tembaga) saat gas naik sekering tersebut langsung terbakar dan motor tidak mati. tetapi membakar lampu sein, rem dan senja. untung langsung saya putar off kunci dan menyadari keteledoran saya. jadi memang betul itu jika monitoring tidak mendeteksi accu (karena sekering putus) maka pasokan listrik menjadi meningkat.
motor mio sporty saya modif fullwave seperti ini saya udah 2x ganti kiprok, kira2 kenapa ya gan? umur kiprok ga sampe 2 bulan, sy pakai kiprok nmax,
Awalnya pengisian normal 13,4v – 13,6v tapi ga sampai 2 bulan pengisian jd 12v aja, kalau digas malah turun jadi 11v – 10v, pakai beban lampu jadi 9v