“Hanya Dengan Kesabaran dan Ketenangan Masalah akan Teratasi” AromaRPM –
AromaRPM – Masih lanjutan dari Trobel on The Way yang kemaren lur… mau tidak mau harus sesegera mungkin membongkar dan mencari-cari kerusakan yang membuat listrik ngaco. Mulai dari cek arus dari spull hingga yang keluar dari kiprok. Dari spull aman tegangan masih di atas 10 V AC yang berarti tidak ada masalah di spullnya. Lanjut ke Kiprok Fukuyama, dari pertama memang ada kecurigaan dengan part ini. Tegangan tidak menentu terkadang drop benar-benar drop hingga tidak mengisi aki namun terkadang naik hingga limit.
—tiiitttt flashback dulu..—- Mengingat, begitu berhenti dan saat pertama saya cek dengan multitester yang saya bawa sejak dari rumah karena memang ada kecurigaan dengan kelistrikan motor. Begitu saya cek, tegangan bisa mencapai 18.00 V, mak jlebbb…. saya berasumsi kiprok rusak karena overcharge. Namun setelah beberapa saat saya test ulang arus dari kiprok mentog di 13.9 V. Wroooooohhhh….. opo meneh iki…. tadi overcharge sekarang loyoo… Ok… Istirahat dan minum dan tenangin pikiran sambil ngajak anak bermain supaya tidak bosan. Masih dengan kesimpulan bahwa kerusakan pada part kiprok. Perjalanan saya cancel, anak istri saya carikan tumpangan yang kebetulan kerabat ada yang mudik ke arah yang sama menggunakan mobil dan saya akan kembali pulang. Panggilan darurat saya lakukan, meminta bantuan kang @khoirulimam untuk membawakan kiprok nya yang kebetulan belum di pasang di scorpionya. Setelah beberapa saat kang @khoirul datang juga sambil membawa tollkit dan kiprok cadangan. Ok… bedah singkat dimulai. Bongkar Body di area kelistrikan pun dimulai. Namun sampai jam 8 malam tidak kunjung ketemu juga. Sadar permasalahan tidak akan ketemu dan terselesaikan jika tetap dalam kondisi penat dan tergesa-gesa, butuh kesabran dan ketenangan agar permasalahan terpecahkan. Jam 9 diputuskan untuk pulang dengan kondisi seadanya. Bersusah payah menahan RPM rendah agar listrik tidak naik sampai overcharge. —Kembali ke perbaikan—
Membongkar ulang rangkaian Fullwave MX menjadi hal yang wajib untuk mencari kerusakan. Dibantu oleh kang @khoirul mulai mengkroscek dari sambungan dari kontak hingga sambungan ke soket-soket cek semua. Sekiranya belum kencang kembali dikencangkan dengan solder ulang pada sambungan. Setelah semua selesai dan dicoba… lha kok masih bertengger di 16.xx V. Waahhh… masih tidak normal ini… Istirahat dan nyantai dulu…. berpikir-berpikir… ganti kiprok di coba dan coba lagi. Masih sama juga… yang ceroboh lagi, dulu sewaktu pertama Fullwave MX lupa tidak melihat tegangan dari kiprok fukuyama, harusnya memang setelah Fullwave sangat di anjurkan memasang Voltmeter untuk mengetahui tengangan. Jadi tidak tau yang berapa volt yang mau di jadikan tolak ukur antara rusak atau tidak, cuma di anggap rusak jika lebih dari 14.8 V. Ok… dengan tegangan yang meloncat-loncat mendekati 16 V dan bisa lebih dengan terpaksa dianggap “normal” karena tidak tau acuan yang bisa di pake untuk perbandingan. Semua di rakit kembali dan di rapikan…. namun… ketika saya mau mencolokan socket ke kiprok terlihat lampu depan berkedip dan setelah gerakan diulang ternyata masih juga berkedip. Pertanda ada yang tidak beres ntah dengan kabel atau socketnya. Ok… kabel sekalian saya puter-puter dan saya bengkokkan dan seketika lampu jadi berkedip-kedip. Bongkar lagi semua baik kwalitas socket baik soldernya juga kondisi kabelnya. Cek satu persatu dan akhirnya…
Setelah semua di cek ternyata kabel kuning benar-benar putus. Hanya sebatas menyentuh saja. Terlihat dari ujung kabel yang putus sudah ada jamur akibat pemuaian karena dialiri listrik. Ganti kabel semua baik dari depan hingga sampai belakang dengan kabel yang lebih mumpuni. Dan ketika semua di ganti, setelah di coba jreenngg…… arus kembali stabil di angka 14.7 tanpa beban dan 14.5 dengan beban lampu 25 W. Ok… Fix Problems
Kenapa kabel kuning berakibat seperti kondisi diatas???Dan bagimana gejala-gejalanya??? ditunggu Part II… sudah terlalu panjang….
Semoga Bermanfaat….
Nek fullwave perasaan kok okeh masalah yo ki
sebenere ora kang. Yang namanya modif sendiri kan memang tidak sebagus kwalitas fullwave dari pabrik. Seperti sambungan kabel dan colokan yang longgar tidak sebagus dari pabrik. Naaaa… Itu sumber masalahnya ada yg kurang bagus tapi tidak di beresi akhirnya ya begitulah…
Ooooo…
nyimak wae.
terima kasih atas problem mx nya.sy jadi ikutan prihatin.karna motor sy juga motor mx 135.stelah sy tau mslh dri anda.saya juga sbnernya punya problem di motor tp mu gimna lg Skarang sudh di anjurkan siang malem lampu motor pada kontak.mikanya jbol…
trm ksih atas infonya…
jadi kabel kuning itu harus ada beban dong mas ya.?
misalnya lampu wajib menyala. karena digunakan sebagai monitoring aki, dan jika kabel kuning tidak diberi beban maka ya sama aja dengan kabel kuning putus tadi yaitu regulator akan menyangka bahwa aki masih 0.
Mas yamaha mx 2006 gak bisa hidup klo gak ada aki(accu) Klo di pasang aki bru bisa apakah itu bawaan pabrik apa dari kabel kelistrikan soalny ane bru pegang mx jdi gak ngerti….???
Mas yamaha mx 2006 gak bisa hidup klo gak ada aki(accu) Klo di pasang aki bru bisa apakah itu bawaan pabrik apa dari kabel kelistrikan soalny ane bru pegang mx jdi gak ngerti….???
Ya kalo g ada aki terus ente start ya g bisa. Kalo ente engkol masih bisa nyala..
Yang ane mx 2011..kalo pake aki baru nyala kalo dilepas mati..di cek spull bagus..terus lampu utama udah diganti ma yang baru jg tapi di cek bohlam nya bagus
Kemungkinan kiprok yang bermasalah. Coba pas ke adaan hidup, sekring di lepas. Kalau tetap hidup berarti normal tapi kalau mati berarti kiprok rusak.
Mohon pencerahannya suhu
Kabel kuning yang mana tuh bro?
Mas bro maaf mengganggu, mohon dijawab, itu kabel kuning yg du ganti dari depan sampe belakang, jalur kabel kuning yg di potong dari arah spull atau bukan? Mohon di jawab mas bos