AromaRPM – Salam mas broo… masih terkait dengan artikel dulu kala, tentang ganti gear depan NJMX. Yang mana ada peningkatan nafas di setiap gearnya. Untuk gear 1 dan 2 memang tidak naik signitifikan namun gear 3 sangat drastis. Bahkan bisa mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dengan gear 3. Dan gear hanya di pakai saat stabil di kecepatan 100. Gear 5 jarang sekali di pakai… paling tidak begitulah gambaran tentang pemakaian Gear depan mata 15 atau rasio 2.533. Bagaimana dengan pemakaian Gear Old MX 15/39 atau rasio 2.6 di NJMX?? Monggo simak ulasan di bawah ini..

Spocket & Gear Set Old MX

Saya dapat Spocket Gear ini dengan harga 153 rb. Lebih murah 18 ribu karena betepatan dengan diskon mudik 10 %. Dikarenakan perbedaan lubang baut di gear depan yang mana pada NJMX lubang baut ada 2  dan OMX ada 1 buah maka sekalin beli uga holdernya seharga 4 rb. Pertama saat beli memang pimpinan beres agak sangsi dan yakin kalo rantai OMX tidak muat di NJMX sempat terjadi adu argument padahal saya hanya minta simple, saya mau beli rantai 15/39 dah itu saja, kalo punya mana saya beli. Cukup atau tidak bukan urusan Beres tapi mutlak saya. Setelah berusaha konsultasi ke kang Aripitstop lha kok ternyata mau di ukur sekali lagi. Dan teryata sesuai permintan saya, jawaban beliau “Muat” depan mata 15 sangat mepet. Tapi sata tidak begitu kawatir karena stock gear depan 14 dan gear belakang 38 masih bagus dan masih bisa di pakai kalo hanya untuk melonggarkan rantai. Dan jawabanya.. monggo di lihat…

15/39 di NJMX. Muat dan masih ada space lumayan.

Nah loo… muat juga kan… dan tidak se ngeri yang di info kan oleh kepala mekanik Beres yang konon di jamin tidak bisa di pasang. Tapiii….. monggo ini yang penting.. bisa di pasang namun setelan rantai pada posisi R atau posisi paling depan/kecil.

Setelan Rantai di posisi R

Jika masih kawatir kalo terlalu cupet bisa pakai gear lama mata 14 nya. Supaya rantai agak kendor dan bisa masuk di gear.

Gear depan 15 dengan holder 1 lubang

Untuk feel nya, memakai gear set 15/39 tidak jauh beda dengan 15/38. Dimana dari rasio 2.533 naik menjadi 2.6 hanya naik 0.5. Untuk Top speed tidak jauh beda dengan 15/38 masih berkutik di 115 km/jam dengan bobot pengendara 90 kg. Namun untuk akselerasi bagus 15/39 walau hanya naik 0,5 tapi untuk meraih kecepatan 100 km/jam lebih cepat dan tenaga masih tersisa.

Last..rencana saya memang tidak berhenti di 15/39 saja, melainkan 14/39. Masih ada stock gear depan lama mata 14 yang belum terpakai. Dan siap di gunakan saat melibas tanjakan-tanjakan..