AromaRPM – Dalam hal pelumas kendaran memang setiap orang berbeda, bagus kata orang belum tentu bagus menurut kita. Kebutuhan setiap mesin pun berbeda tergantung dengan style si pengendara yang sangat mempengaruhi kondisi mesin tunggangannya. Maka dari itu tidak cocok menurut saya bukan berarti yang lain tidak cocok juga…
Oke.. satu produsen pelumas BUMN di Negara kita, Pertamina. Produknya menjadi tumpuan saya selama ini. Berkali-kali gonta-ganti oli tapi akhirnya Enduro juga. Kenapa Enduro?? Kan ada Castrol, Shell, Motul, Ferderal dll..?? sebagian pertanyaan dari teman-teman saya yang paling sering mereka lontarkan.. bahkan ada yang menyarankan coba pakai olie diesel, coba pakai oli ini oli itu… terima kasih sarannya mas bro.. tapi saya masih waras.. masih bisa membedakan mana oli mesin diesel, oli mobil dan oli motor. Pantang bagi saya mencicipi istri tetangga… ehh.. oli kendaraan lain jenis…
Jadi kenapa saya pilih Enduro?? Setiap oli memang sudah di rancang dengan tekhonologi yang “diakui” yang terbaik, namun pilihan tetap di tangan konsumen. Sebelumnya saya pernah mencoba beberapa oli yang mempunyai merk dagang “tidak bisa di remehkan” namun menurut saya Enduro lah yang memiliki sisi lebih dari pada merk lain. Yaitu “cocok dengan style berkendara saya dan mesin kendaraan saya”. Enduro memang jika di pakai melewati batas limit km yaitu sekitar 2000 km. mempunyai kelemahan di perpindahan gigi yang terasa sangat kasar dan keras, ya memang saya akui itu ada (*di motor saya : MX dan Supra X 125). Bahkan di Scorpio kakak saya pun Enduro mlempem tidak berdaya saat menahan panas di mesin 225 cc nya, di buktikan dengan performa yang drop saat rpm tinggi. Namun kenapa masih milih Enduro??? jika alasan kwalitas menurun di 2000 km mas bro, saya rasa semua oli tetap akan drop jika menyentuh km dikisaran angka itu. Di km itu rata-rata kondisi semua oli sudah mulai menurun kwalitasnya, tidak senyaman waktu baru tuang.
Namun.. beda dengan Enduro meskipun performa sudah menurun tapi terdapat sisi baiknya : PENGUAPAN. Untuk oli seharga 50 rban dengan penguapan nyaris sedikit (*selama ini penguapan di bawah 5% dari kapasitas total oli) itu merupakan hal yang perlu di pertimbangkan. Penguapan memang menjadi hal yang pertama saya perhatikan, percuma jika oli seharga ratusan ribu namun pada titik “didih” 2000 km oli ternyata sangat banyak yang hilang karena terbakar dan menguap ntah kemana. Beberapa oli terdahulu yang sudah saya pakai rata-rata oli menguap di kisaran 20% atau 200 ml dari 1 liter dalam setiap penggatian. Walau kwalitas sudah menurun namun volume tidak berkurang tentunya lebih baik dari pada yang kwalitasnya masih lumayan namun sudah hilang 1/3 nya. Maka dari itu saya bertahan dengan Enduro karena memang memberi rasa nyaman di hati ketika menginjak 2000 km sedangkan belum sempat ganti oli, Oli masih utuh 1 liter di dalam mesin. Berkendara tanpa ada rasa kawatir mesin akan rontok karena oli yang sudah tidak ada. Namun ingat!! tidak menguap bukan berarti kinerjanya masih optimal, jika sudah menginjak 2000 km akan lebih baik mengistirahatkan motor terlebih dahulu kalaupun harus mengendarainya, berkendaralah dengan santai dan jangan terlalu memaksa mesin berkitir di putaran atas. Cukup Pelan dan santai asal sampai tujuan.
Semoga menjawab dari semua pertanyaan yang masuk.. Sekali lagi.. Pemilihan dan penggunaan oli itu tergantung selera, bagus menurut saya belum tentu menurut anda. Coba dan rasakan sendiri oli yang ingin anda gunakan…
*Oli di pakai di mesin Yamaha New Jupiter MX 2011 dan Honda Supra X 125 2009, mungkin hasil akan berbeda jika di coba pada mesin lain.
**Semua berdasarkan review pribadi dan di gunakan secara wajar (kerja,kegiatan harian dan sesekali touring), dan tidak digunakan untuk kompetisi atau sejenisnya.
***Bukan berniat untuk mempromosikan produk tertentu, jika memang saya menggunakan oli yang lebih bagus pasti saya kupas.
Aku make yamalube seprot
review nya kang… minta donk…
Cb elf vent vert 10 / 50, jaminan bgus n layak dikupas..
masuk daftar perburuan…. kapan tak nyoba… tapi sebelumnya pengen yamalube super sport dulu…
Yamalube ss dah terlalu bnyk yg review bro,,,
g penting buat saya dikit atau banyak yang review. masalahnya belum nyoba sendiri dan belum tau bagaimana jika di tuang dalam MX. kalo pada mikir saya juga mau mereview tu oli.. belum tentu.. banyak oli yang dah tak coba tapi g tak review.. harus bisa memilah yang mana di review dan tidak..
Ok,, yg psti yamalube ss beda kelas dgn efl klo ente tau
Kyknya oli elf trlalu mubazir klo dipake motor sekelas mx
mubazir buat saya itu, kalo ada produk bagus tapi tidak pernah mencicipinya…
klo pake ini enaknya ga tahan lama di si Maung
http://macantua.com/2015/01/19/pilih-tampilan-atau-isi/
memang mbah…. cuma enak sampai 1500 doang…
saya malah kadang cuma 500 dah ganti, yg kuat dan tahan lama aja saya pantteng maks serebu
mungkin beda motor dan style kali ya mbah… hehehee
engga juga sih lek, saya sayang motor drpd oli hahahahahaha
wkwkkwkk mak jleb tenan ki….
lah beneran tho lek, motor harganya berapakali lipat oli? makanya tunggangan saya lumayan bertahan samapai umurnya yang mendekati umur anak SMU kelas 1 hahahahahaha
josss….. bener juga siih…
Wkwkwkwkwkwk iya tho?
Kok ane susah banget ya beralih dari MPX? hehe…
salam kenal gan…
https://fifauzi.wordpress.com/2015/01/19/penampakan-honda-v-twin-torsi-super-badak-sudah-dijual-harga-18-juta-an/
wah kalo saya malah menghindari itu oli.. sereemm…
emang gan, feelnya pake MPX biasa aja.. kapan2 tacoba deh enduro matic
pilihan kita sama lek
josssss…..
pio-ku nek dikasih sae10, terlalu encer, tiap pagi mesti ngebul tipis. pake yg 20w, pilihan oline dikit buanget. skrg masih pake 15w aja, jalan tengah antara 10w dan 20w.. hehe
jd pingin nyoba enduro racing ni, slama ini cm pake yamalube, castrol p1 n shell ax7, kalo buat putar2 dlm kota memang enak yamalube, tp di skitar 600-800km udah mulai gak enak, getaran terasa. buat jalan jauh ax7 memang enak cuma njmx sy kok jd lbh berisik kalo dah panas, getaran lbh minim. kalo castrol p1 mau dingin atw panas tetap berisik wlopun putaran mesin lbh ringan dr yamalube, apa mungkin gaya riding sy yg slalu santai ya, jarang geber 100km/j.
di coba aja bro.. olie itu memang harus merasakan sendiri..
ini yg perdana sy tuang di njmx sy kang, memang bagus, secara harga buat oli racing hny 47k d tmpt sy, tp gak kalah sm shell ax7 yg lbh mahal. suara mesin lbh adem, nanti sy coba lintasan panjang dr sumbawa ke bima, apakah suara mesin ttp adem atau berisik kalo sudah panas kyk pake AX7, makasih atas reviewnya kang.,
sama-sama semoga bermanfaat… saat ini saya pakai BM1 dan sepertinya tidak greget…
Alhamdulilah Honda CB150R tunggangan saya juga cocok dengan produk dalam negeri yang satu ini, pengen coba juga Enduro Sport Mas yang 5w40 hehehe
Ulasane uapik Mas salam Cah Kebumen
Saya acungin 2 jempol untuk review anda. Sayapun sama, supra X125R tahun 2012 yang saya tungangin juga memakai oli Enduro 4T. Penggantian 2 bulan 1x, mengingat jarak tempuh rumah-kantor 44km pp dikali 20 hari kerja. Dengan kecepatan standar 40-60 km/jam. Walau terkadang nyampe juga dikisaran 80km/jam.
enduro 20w-50 jadi pilihan di tricolore (supra 125-2006) dan enduro racing 10w-40 jadi pilihan di alien (cs1-2012).. memang performanya saya bilang cukup bagus untuk penggunaan harian dengan harga yang masuk akal.. lha duit 100 ribu bisa dapat 2 oli itu masih ada kembalian buat isi premium hampir penuh dari 1 bar di supra.. 😀
oiyaa ini teringat lagi mencoba olie super sesat, olie yang dicampur-campur..
Olinya Harganya Brapaan Brow???
Di sini (solo/boyolali) 45 rb an.
klo enduro buat supra x 125 perjalan jauh gimana rasanya cepet panas apa enggak bro?
normal2 mas bro… tapi saya pakai enduro yang 4T biasa. Bukan yang Racing..
Motor saya GL 100 K tahun 93
apa nggak masalah klo pake enduro racing?
sebelumnya saya pake federal ultratec 20-50
sesuaikan dengan motor anda. jangan mengacu pada review semata. Oli bagus dan mahal tidak selalu akan cocok dengan semua jenis motor. saran saya : kalo motor sudah tua dan berumur, semua komponen kan sudah ada yang aus, pilih oli yang agak kental.
mantap kang.. tapi ane mau tanya kang, ane ada dengar oli union atau sekarang uni oil atau apalah tu namanya, uda pernah makenya kang ? kata bengkel mekanik di tempat ane ni oli disarankan juga kang, uda pernah nyoba kang ?
Belum.. Belum pernah denger juga.
saya juga pake oli enduro 20-50w di motor aku revo tahun 2009 setelah coba2 oli lain akhirnya balik lagi ke awal yaitu oli enduro karena udah nyaman
nanti di coba ah pake enduro
http://otodrift.com/30-konsep-modifikasi-mobil-mazda-2-terbaru/
Promosi kan aja mas. biar bangsa ini bisa maju dengan produk asli nya. kalo bukan mas mas para Blogger siapa lagi???
Mtor saya new jupiter mx udh 6 thun tetap setia pkai oli pertamina enduro racing part2 di dlam nya sngat terawat waktu pemakaian 3 thun saya ganti kampas kopling and per kopling nya aja dan smpai skrng msih ok mesin mtor saya tanpa mengeluarkan asap sedikit pun seperti baru hihihihi oli enduro ANDALAN SANG PENJELAJAH
review pake oli enduro racing….2200 km masih aman sih gan….asalkan itu motor jarang dibawa ngebut dan jarang kena macet….saya udah nyoba sampai km segitu….pas ganti oli masih tergolong kental dan masih agak kehijauan di oli tersebut
motor NJMX 2011
kak/mas/om/pak… vario 125 bagusan pake oli pertamina enduro 4T atau racing ya?
Kalau vario/metic jangan pakai enduro 4t racing. 4T racing cuma di pakai motor non metic aja. Kalau mau pakai enduro, pilih Enduro Metic itu oli khusus untuk metic.
Shell advance AX7 paling mantap