AromaRPM – Melanjutkan artikel sebelumnya. Masih di sektor kemudi, setelah menemukan titik masalah pada AS roda depan yang bengkok dan terselesaikan dengan menggantinya. Berikut juga membersihkan shock belakang dan sett kembali tingkat kekerasan reboundnya. Setelah semua selesai baru konsen ke cek komstir yang sudah 1,5 tahun tidak di cek.

Buka Komstir Jupiter MX

Roller Ball komstir atas

Membuka komstir semua sudah pada terbiasa dan lebih joss peralatannya soo.. tidak perlu saya ulas yaa… Setelah terbuka saya cek komsitr atas masih layak pakai dengan tingkat pelumas nya masih ada dan semua bagian terlumasi dengan sempurna, intinya tidak ada masalah. Cek komstir bagian bawah dan badalaaaaaaahhhh… bola-bola besinya (tempatku : gotri) langsung meluncur ke bawah, indikasi bahwa pelumas sudah tidak ada lagi.

Pelumas di bagian vital seperti ini sangat penting selain memperlicin gesekan juga menahan roller ball dari keausan. Yang saya takut kan roller ball tidak lagi bulat dan sudah terkikis karena kondisinya sudah kering dan tidak ada pelumas sama sekali memang belum ada karat tapi kalo lebih lama lagi mungkin akan timbul karat, dan pada akhirnya berpotensi besar membuat kemudi tidak nyaman sama sekali dan harus ganti.

Rumah Komstir Bawah setelah di bersihkan
Roller ball

Bersihkan dengan sedikit bensin supaya kotoran-kotoran hilang dan jangan lupa kasih pelumas kembali (paselin,vaseline,graisse,grease) jangan pakai OLI!! dan kembalikan roller ball ke rumah komstir yang sudah di olesi dengan paselin. Untuk Komstir bawah memang sudah di ganti dengan roller ball oleh bengkel langganan saya. Rumah Roller Ball sudah ditanggalkan dan menurut saya sama saja. Konon katanya lebih nyaman (enteng) tapi tidak terlalu terasa.

Setelah semua selesai dan kembalikan seperti semula, coba untuk jalan jika masih kurang pas biasanya kekencangan baut komstir yang terlalu kencang yang akan menjadikan stang berat untuk berbelok dan jika terlalu kendor motor juga akan menambah stress pada roller ball ketika menghajar lubang. Pastikan tinggkat kekecangan nya Pass menutut selera.

Inti artikel : “Jika dealer merekomendasikan untuk cek komstir setiap 6 bulan sekali, memang benar, itu untuk menjaga supaya bagian vital tetap dalam kondisi prima, tapi jika dalam rentan 6 bulan ternyata masih ok, boleh di tunda hingga 1 tahun selama tidak ada keluhan. Tapi tetap lakukan pengecekan meskipun telat…”

Salamm..

Artikel terkait