Isle Of Man TT
Isle Of Man TT

AromaRPM- Isle Of Man TT, ajang balap motor yang di adakan di kawasan britania raya. Tak ada tribun penonton tak ada gravel di pinggirnya, karena penonton melihat langsung di pinggir jalan raya yang telah di tutup dan jika tergelincir akan langsung berhadapan tembok bangunan, mungkin jika sedikit beruntung mungkin akan mendarat di parit atau padang rumput yang berpunuk-punuk.

Ok.. mas bro bukan Isle of man tt yang akan saya ulas, tapi sedikit pengalaman saya ketika melewati jalan yang bisa di bilang sedikit ada kemiripan dengan rute dalam isle of man tt.

Saya menyebutnya Mini Isle Of Man TT

Sudah beberapa waktu yang lalu saya ke pekalongan berangkat lewat jalur pantura, dan pulang melewati limpung batang ke arah temanggung (artikel lainnya). Berangkat  dari pekalongan jam 07.00 wib dengan tubuh kurang fit dan sedikit flu. Janji jam 09.00 wib ketemu kang Khoirul di Alun-alun Temanggung, cukuplah 2 jam untuk melibas 130 an km dengan rute berbukit dan lika likunya. Sampai SPBU Subah sebelum memasuki alas roban jam 07.30 wib, 30 km dari pekalongan. Badan mulai drop dan sedikit batuk. Kontek kang Khoirul dan 15 menit kemudian dia berangkat dari Wonosobo. Saya pun melanjutkan perjalanan dengan kecepatan sedang karena memang rute ini jalannya banyak yang rusak. Sampai di Sukorejo sudah jam 08.15 wib, terhalang oleh kecelakaan truk vs truk yang menutup seluruh badan jalan.

557322_4169748918505_159784531_n
Kecelakaan terjadi di alas jati setelah Sukorejo

Berapa menit tidak terhitung terjebak di kemacetan, yang pada akhirnya saya memutuskan memasuki alas kebon kopi dan berjalan sedikit memutar, sadar waktu ketemuan tersita karena kemacetan. Mini Isle of Man TT pun dimulai..

Sukorejo-Temanggung

Melewati pegunungan-pegunungan dan persawahan di kanan kiri.. jalanan yang tergolong sepi dari lalu lintas kendaraan umum. Yang ada hanya petani yang hendak pergi kesawah mencari rumput.

Mini Isle of Man TT
Mini Isle of Man TT

Melaju dengan kecepatan 100 km/jam disini ternyata lebih menyeramkan dari pada 150 km/jam di jalan raya walaupun itu sepi. Melibas tikungan demi tikungan dengan kecepatan 80 km/jam itu sangat menggoda iman untuk melewatinya lain hari.. tikungan dengan sudut menikung 10-20 derajat berubah seolah menjadi jalan lurus… Menunduk dan mengenggam stang dengan penuh konsentrasi kilomter demi kilometer pun terlewati.

560872_4169750358541_1359145487_n
Sebelum Kedu

Puncaknya sebelum memasuki daerah utara Kedu, HP berbunyi ternyata tlpn dari kang Khoirul kalo sudah sampai di Alun-alun Temanggung. Liat GPS di Android masih sekitar 15 an km di utara Kedu. 20 an Km lagi menuju Temanggung, waktu sudah jam 09.00 wib. Adrenalin semakin menggila… Mbetot gas dengan penuh nafsu, miring kiri kanan dan sesekali di hiasi sedikit jump karena melintasi jalan yang berombak.. Engine Brake di iringi beberapa kali terdengar Back Fire dari knalpot… bukan suara pletak-pletak seperti dalam rally WRC namun hanya suara ledakan knalpot standar MX yang mengagetkan petani yang hendak menaikan rumput ke motornya, maaf pak rumput mu jatuh lagi. Sempat mebuat panas hati seorang pengendara smash dan HSX 125.. namun sorry mas bro… New Jupiter MX Manual bukan lawan yang sepadan bebek 110/125 cc 4 tak jika di jalan yang berliku dan menanjak.. Torsi paling besar di antara bebek sport membuat semakin mudah melibas tanjakan demi tanjakan. Bukan niat untuk melayani adu kebut di persawahan tapi memang sedang mengejar waktu.

Sampai di temanggung 09.15 atau 09.30 kurang ingat, yang jelas kang Khoirul sudah di sana. Istirahat makan pagi dan melanjutkan perjalan dengan kang Khoirul sebagai RC yang sesekali tak minta berhenti karena kondisi yang semakin memburuk, sepertinya flu sudah menjalar di seluiruh tubuh.

Pict from Khoirul blog. Update terakhir malam nya saya terkapar tak berdaya karena flu berat, 2 hari setelah perjalanan gantiaan kang khoirul terkapar karena flu juga..