Yaapps mas bro, sejak awal menggunakan NJMX 2011. Perbedaan paling menonjol dari Old Jupiter MX adalah jumlah speed nya, Old MX 4 speed dan New MX 5 Speed. Tak heran jika jumpal gigi nya jadi 5 sangat berpengaruh pada nafas tiap giginya. Old MX Lebih panjang nafasnya di banding New MX.
Paling gak begitulah yang ki Salim rasakan selama menggunakan New MX. Apalagi di dukung jalanan di daerah solo yang relatif datar membuat ki Salim mau g mau lebih sering2 mengoper gigi. Untuk merasakannya kenyamanan nunggang New MX yang di bekali 5 speed di kombinasi dengan style ki Salim yang cenderung bertahan di kecepatan menengah 80 km/jam tapi tenang <Buka gas di urut pelan2 dan mencapai top speed secara perlahan> merasakan sering mengoper gigi. Untuk bertahan di gigi 3 di kecepatan 70 km/jam selama beberatus meter aja susah. Akhirnya setelah mencari informasi sana-sini ki Salim putuskan untuk mengganti gear depan New MX. Yang semula 14 di ganti dengan 15. Perbandingan semula 2.714<14/38> menjadi 2.533<15/38> lebih rendah dari Old MX yang 2.6<15/39>.
Sepadan dengan yang di dapat begitu juga yang di relakan. Dengan mengganti gear depan dengan 15 mata kontras nafas sedikt lebih panjang semula gigi 3 hanya bisa mencapai 85 km/jam kini bisa mencapai 97 km/jam. tapi begitu juga yang mesti di relakan tarikan menjadi lebih berat. Jika memang membutuhkan tarikan enteng tingal di ganti dengan gear lama, seperti yang ki Salim lakukan di liburan kemaren. Buat ki Salim yang tidak terlalu mengejar tarikan awal ya no problem. Kenyamanan lebih utama. Untuk mendapatkan gear depan yang bermata 15 bisa mengadopsi punya Old MX. Jika beli di beres mesti sepaket dengan rantai&gir belakang. Atau bisa beli dengan gear bermerk lain, untuk gear ini ki Salim berhubung di bengkel di tawari gear merk apa juga kurang memperhatikan kayake mitasi, tapi gak apalah buat coba2 ya dah di tebus seharga 20ribu<depan saja> tapi mesti di psang dengan klem karena di gear mitasi tidak ada lubang baut seperti di gear ori.
Yapss kesimpulan dengan mengubah gear depan NJMX dengan 15 mata dapat memperpanjang nafas di tiap giginya<gigi 1 dan 2 hampir tidak ada perubahan 3 dan 4 nyaris lebih panjang gigi 5 hampir tidak pernah di pakai>. Bagi mas bro yang juga penunggang New MX dan merasakan hal yang sama dengan ki Salim yaitu terlalu sering oper gigi yang mengganggu kenyamanan bisa di coba mengganti gear depannya.
Salam…
“Nafas yang panjang mengubah top speed yang bisa di raih, jadi tetep Safety Riding saat mencoba gear baru”
Kecepatan bukan segalanya tapi kenyamanan adalah Harga Mutlak
Intinya tergantung karakter dan kebutuhan di tempat biasa kita riding.
Btw itu 200rb depan aja? Mahal amat mas! Saya aja Tiger coba merk Indoparts karena yang asli dipakai kebetulan mulai tipis ukuran stock (14) harganya cuma 10rb, awet lah kira2 setahun mah 😮
kayake 20 rb deh mas, ya mungkin beda daerah beda harga mas. cz ane belinya cuma di bengkel pinggir jalan kecil pula. namanya coba2 hihihihi
Iya, saya pikir juga salah tulis mungkin kelebihan 0-nya 😀
klau mx ’12 ger dpn 14 blkng 37 CDI hprbrnd busi pltinum gmn?trus gmn mngurangi suara ksar bin ngorok pada mesin mx?tlng jwbny ki
yang mx 12 gear belakang nya 38 mas. kalo suara ngorok mang dah bawaan mx susah diubah.. kalo pake CDI dan Busi aftermart belum pernah coba. Butuh penyesuaian stel kaburasinya mas..
sblm trim atas jwby,trus mx q th 2012 koq
gigi 1 cm mntok 22 dah gereng minta gnti,
gigi 2 cm 42
gigi 3 cm 65 tu pa normal ki?(kondsi msh stndr smua)bs diperbaiki ga?pa bhaya jika dipksa?
waahh apa iya sih? punyaku aja th 2011 gigi 1 bisa nyampe 50 km/jam. 2 kalo agak di paksa dikit bisa nyampe 80. coba di bawa kebengkel resmi mas. ane belum pernah nemui masalah seperti itu..
Punyaku standar…
1st Gear : 30Km/H
2nd Gear: 70Km/H
3rd Gear: 80~ Km/H
4th Gear: 90~100 Km/H
5th Gear: 105~ Kek siput naeknya, kayaknya cuma buat overspeed aja.
Standar + Koil Kharisma maksud’e :p
MX ane dulu sebelum ganti gear depan juga segitu mas,, cuma mentog 110 km/jam..
Punyaku standar…
1st Gear : 40Km/H
2nd Gear: 75Km/H
3rd Gear: 95~ Km/H
4th Gear: 110 Km/H
5th Gear: 126 KM/H
Standar + ban depan 80/80 ban belakang 100/80
nyobanya pas lagi disebelah ada New V-xion yg kecepatannya 125++ New MX ane kalah :3
Sama gan njmx ane juga
Gigi1: 20kpj
Gigi2: 40kpj
Gigi3: 60kpj
Gigi4: 80kpj
Gigi5: 100kpj
Salem kenal bro ..udah ketemu belum penyakit MX nya .itu sama apa yang dialami MX one jg.ane jg bringing apanya ya
mantap mas bro
kalau gir belakang dikecilin pengaruhnya gmn gan? apa akselrasinya jdi berkurang?
kalo gear belakang di kecilin berarti akselerasi akan berkurang tapi top speed tambah.. napas jadi dikit lebih panjang..
jadi gmana intinya,aku kurang ngerti bro.
gear depan pake yg 15 mata itu bkalan naikin topspeed kaga??
Naik(nafas jadi panjang) bro tapi tidak terlalu terasa/tidak naik banyak. kalo mau lebih di tambah part lain semisal CDI Unlimiter n kawan2 nya.
rpm gak mau naik y mas bro, gear depan pake 15 belakang 38, gigi 4 memang dapet 120 kpj rpm 8000 doang gak mau naik k 9000, ane dah pake cdi Brt, bisa liat rpm karena pake tako
mx 2013
punyaku Old Mx mau pake gear depan yg lebih kecil, bisa pake punya NJMX? atau adakah produk aftermarket yg jual gear depannya saja dgn ukuran 14? thanks
kalo beli di bengkel2 pinggir jalan mungkin ada yang menjual secara bijian mas.. di coba cari saja. Untuk pemasangan harusnya bisa… kalo ane pake gearnya jupiter z lama.
banyak gan, pake punya F1ZR, RX-KING (kebanyakan gear depan motor yamaha sama), ap Kawak Ninja 150R , FU 150, ada yang bermerek ada yang biasa, indopart, SSS dll..
trims sblumnya mas bro, sya jg mau tnya lg nih,
1. koil karisma di aplikasikan di njmx kira2 dbuat harian ada efek jngka panjngnya ndak? efek positifnya bgmna?
2. njmx sya sdah pke brt hyper msh agak lmot di putaran atas, ngkalinnya gmna? tnpa hrus prubahan ekstrim.
1. Setahu ane koil karisma memang lebih besar outputnya otomatis pengapiannya juga lebih gede imabangi dengan BBM oktan tinggi. kalo efeknya belum pernah nemuin mas bro yang pasti pembakarannya akan semakin sempurna.
2. Sudah ganti CDI n Koil tinggal karbu, klep dan camshaft.. atau bisa di tanyakan ke suhu2 yang lain aja mas bro, ane belum tahu seluk beluk mesin motor…
klo jupiter mx aq th 2006, malah pake kombinasi gir depan 14T-415, belakang 39T-415, pake punya SSS, tapi mesin dah bore up pake punya vixion, camshaft pake punya vixion, cdi VARRO buat mx, per klep CLD, porting polis, Kampas kopling punya Kharisma, per kopling pake punya TIGER, karbu STD dah direamer jd 24mm (main 105, pilot 22.5), knalpot pake punya Honda REVO lama tapi sudah dibobok dibikin suaranya garing kaya FU, soal tarikan mantap gan dari 0-110 cepet banget, atasnya pernah tembus 130km/jam, sayangnya jalannya gak cukup panjang klo panjang kyanya bisa ampe 140km/jam lebih…, nih rencana mo ganti KOIL pake punya Kharisma. ada yang pernah nyoba pake koil kharisma gak?
Koil karisma krn punya output lebih besar otomatis pembakaran sempurna. Diimbangi dgn bbm yg oktan tinggi sekelas pertamax bisa nambah irit konsumsi bbm. Mx 2012 stndar konsumsi bbm nya 1L= 35km kalo pake koil karisma bisa nambah irit 2-3km. Tp berhubung koil karisma dudukan bautnya cm 1 jd kl mau ganti lebih baik ke bengkel krn pemasangan juga ga pnp masbro sekalian. Harus ada ubahan pd bagian sambungannya antara rubah yg dari mx atau dr karisma nya tp biasanya montir” bengkel bisa ngelakuinnya. Tinggal tambahin busi NGK Platinum bisa nambah irit 3-5km gan. Segitu yg ane rasain
Mas bro ane mau tanya nih, q punya jupiter mx 2007 saat gigi 3 ampe kecepatan 100km/h trus saya oper gigi 4 kok kya ga bertenaga apanya Ɣα̇̇̇̊ª……
gigi terakhir memang bersifat overdrive.. kalo ada kenaikan kecepatan biasanya sangant sedikit sekali. MX saya gigi 5 juga tidak menambah kecepatan sama sekali..
☺kέ agan salam YMCI
salam…
kalo pake gear 15 dpn, kalo di pake boncengan apakah speed tetep atw penurunan…. mx ane konsepnya touring jarak jauh dan medan tak terduga..
selama tanjakan2 tidak terlalu extrim tidak masalah.. bisa dilihat ane dan istri ane sama2 berpostur gemuk.. dengan gear 15 cukup bertenaga melibas rute pantura..
Kalo NJMX pake 1 set Rantai n gear V-xion?
soal’a rantai motor ane kayanya boros amet, setiap 2 minggu sekali harus di set ulang
lobang baut belakang beda mas.
owh, maaf, maksud saya
kalo gear belakang NJMX diganti lebih besar bisa ga?
ane nyari’a yg ukurannya diatas 40
kira2 cocok’a pake punya siapa?
Klo gear depannya NJMX sma gak dengan gear dpan new vixion gan soalnya gear belakang udah ane pakekan velg sma gear new vixion….
NJMX ane udah bore pke vxion part, ( piston+ring, camshaft ) karbu pe28 (tdr) filter karbu daytona, per klep daytona, kampas kopling (GL) per kopling daytona, CDI BRT dual band, coil kharisma, porting polish, knalpot ori bobokan, gear depan ganti 15, gear belakang std, coba deh gan, ane dah rasain sensasinya top markotop, ( jangan coba” di jalur padat ) salam penggemar mx senusantara.
motor saya njmx 2011..
gear blakang gantin punya ojmx ukuran 39 gear depan standar 14..
emank sih tarikan awal rada enteng,tp bener pas gigi 3 napas jd pendek..
kira2 kudu diapain yah biar tarikan awal enteng tapi pas gigi 3 keatas napas jd panjang??
kalo misalnya ane ganti gear blakang jd 40 gmn??
trus,substitusi kampas rem cakram blakang pake punya siapa yg aga muraan dari orinya??
ganti 40 malah justru semakin pendek napas nya bro,, mendingan belakang 38 depan 15. Gear 1 2 ringan seperti 14/38 tapi 3 4 napas panjang…
kalo 38 brarti balik lg ke bawaan motornya yah om??
cm ganti gear depan aja jd 15??
gt tah??
misal ga ada gear aftermarket,sy bs pake punya motor apa yg ukuran 15 om??
buat tarikan awalnya enteng ato berat kalo pake 15??
pake jupiter MX lama atau Jupiter lama..
gear dpan di ganti 15 itu untuk konsumsi bbm nya tambah boros gak boz?
menurut hitung2ang pasti bertambah boros. tapi tidak terlalu terasa. asal saat ngurut gas santai aja bro, jangan di sentak2. MX itu boros2 irit..
Agan agan atw mas bro, ane punya jupie mx keluaran tahun 2010, mau ganti kanvas kopling cocoknya pakai punya kharisma atw GL ya? Mohon infonya……
coba pake punya KLX 150 seperti pasiennya mas aziz..
http://warungdohc.com/2013/10/27/subtitusi-kampas-kopling-jupiter-mx-2009-dengan-kampas-kopling-kawasaki-klx/
Oh iya satu lagi mas bro, ane pake gear 15d – 36b, berpengaruh atau tidak ke mesin?
kasihan mesinnya mas bro.. tarikan jadi berat… tapi ya itu Nafas panjang….
bro, dengan ganti gear 15 – 36 tuh berpengaruh ke daya tahan mesin ga ya?
Putar gas tetap sedikit-sedikit di gigi awal. paling pas gigi akhir baru diputar banyak.
narik gas jangan di sentak, kasihan mesinnya.. dengan rasio sekecil itu unggul di top speed nya.. tapi tarikan lemot.. tarik gas pelan hingga keceptan tertinggi.. kalo di sentak bukan buruan lari tapi bensin boros iya…
Owh Gitu ya mas bro, tapi iya juga sih napasnya jadi lebih panjang, sama kalau pakai kanvas KLx ada yg d rubah ngga, seperti copot juder springnya ( kanvas & plate tipis yg 3 lembar )?, sama harga brpan ya mas bro wt perkiraan aja mas bro. Thank’s before
kalo pake kanvas KLX silahkan baca blog nya mas aziz
http://warungdohc.com/2013/10/27/subtitusi-kampas-kopling-jupiter-mx-2009-dengan-kampas-kopling-kawasaki-klx/ sudah di kupas habis.. kalo harganya ane belum dapat informasi bro..
ki salim… Aku pak tanya dong,,, saya punya jupiter mx nwe, tp yg gk pake kopling gigi 4, nah itu gir depan suka bunyi kletok² kira² apanya ya,,, gir masih utuh, depan blakang, karet juga masih bagus,,, cuman gir depan, agak goyang apa itu kira² masalahnya
maaf agan mau tanya sepet pernah liat artikel di sebelah buat kampas kopling jupiter MX 135 2012 apakah bisa pake punya KLX ? mohon bantuannya
Q pke 15:35 tarikannya yahutttt,cari top speed pun cepet bgt,,, tp punya q shogun R ’04 standart,,,
njmx g punya e,,,hehee
mw nanya nih mas bro, ko top speed njmx ku cuma 110kpj y, itu jg udah pake acara nunduk kaya d moto gp ?
*kilometer baru 2rb km
*oli shell ax7
*bahan bakar pertamax+
*panjang tempat test top speed kira” 200-300 km
kira” kenapa y, pdhl yg lain bisa sampe 120kpj…
byk aspek yg mempengaruhi.. berat rider, angin dll. coba di tuning ulang aja…
berat rider cuma 50kg.
Apa karna gigi4 baru 80kpj langsung d pindah k gigi5 y…?
Soal’a kemaren baru pertama test top speed, itu juga karna jalanan lg sepi banget, takut ada rampok…
semalem saya coba lagi njmx ane, mantep banget mas bro…
-gigi 1 20kpj
-gigi 2 45kpj
-gigi 3 80kpj
-gigi 4 110kpj
-gigi 5 128kpjan
*baru ganti oli shell ax7
*pertamax+
*berat rider 50
*panjang trek 500m
wah waw
Tulisan wes jamuren lagi komen…
wkwkww, iki nonton gear ngarep lagi 3000 an km wis aus
gmn solusi motor rx king gua speed dah top tpi suara mesin pengen di msukin lg gigi padahal dah top, solusi setingan ger…?
gan kalo gear depan di ganti 15 brarti harus ganti rante juga donk?
enggak mas,, kalo masih baru bisa jadi harus ganti rantai, karena rantainya belum longgar. tapi kalo sudah beberapa ribu kilometer rantai sudah longgar. bisa langsung PNP.
waktu itu sih udah sempet ganti gear set indoparts, trus udah pernah potong rante 1 x?
gimana gan apa masih bisa pasang gear depan 15?
terus dari td searching jd galau mau ganti yg belakang ke 36 apa depan yg di naikin ke 15, soal nya standart NJMX kan 14/38..
menurut agan mending yg gear yg mana di ubah?
terus pengaruh banget ga ke berat, pengen sih nafas motor jd sdkit lebih panjang , pegel ganti” gigi terus, tapi tkt jd berat banget nnti tarikan motor nya
tolong saran nya gan , thx
1 : yang di perhatikan mungkin pemuaian rantai ori dan indoparts bisa jadi berbeda, jadi bisa saja langsung pnp, tapi bis juga tidak karena pada kasus saya, saya pakai spocket ori semua.
2. turun ke 36 di belakang atau naik 15 di depan, silahkan di bagi saja mas.. semakin kecil rasio semakin panjang nafasnya. tapi ingat bbm juga akan semakin boros karena berat saat start. kalo saya pribadi dah nyaman dengan 15/38 dimana nafas gigi 3 sangat panjang bisa sampai 100 dan gigi 4 juga masih ada tenaga 5 full overdrive. tapi belakangan ada ras pengen ganti 15/39 punya nya Old MX.
numpang komen gan…bgmn klo mx ane biar bs lebih kencang lg gan??
ane pake NJMX 135 LC,,
*Gear 14/40
*Ban dpn 70-90/17 & blk 80-90/17
*Karbu standart,cm sedikit rombakan di spuyer naik 1 tingkat dr orsi nya
*Filter saringan udara ga dipakai,cm box filternya ja yg di pakai+di bolongin di tutupnya biar ada hawa angin masuk
*Knalpot bobokan,suara standart ga cempreng,cm di ambil selongsongan nya ja biar plong,
*1 lg sy lupa apa namanya,wkt tu sempet gedein lobang di pembuangan tujuannya agar makin plong,
-gigi 1 35 km
-gigi 2 70 km
-gigi 3 90 km
-gigi 4 110 km
-gigi 5 130 km
sy pakai buat harian,krna tugas di lapangan, kadang nama nya di jalan kadang suka balap2an sama pengendara lain,yg sy keluhkan knp mtr sy br setahun saat digeber akhir2 ni sering kluar asap putih,klo ga di geber y ga kluar asapnya,,?? apakah ring sehernya lemah?.. soalnya jarak tempuh sdh mncapai 22356,6 km,,klo pemakaian normal seharusnya sih tuk 2 thn klo jarak tempuhnya segitu,,???? tks
numpang jawab, klo knalpot putih berasap saat di geber, emang udah dari mesinnya, karna itu tandanya baru ganti oli, punya ane juga begitu,
Ciri2 ring piston lemah atau rusak itu asal nya bukan putih mas. Cenderung kebiru2an itu pun keluar terus tidak hanya ketika di geber saja. Biasanya kalo putih saat di geber itu setting karbunya. Coba cek busi dulu. Putih atau hitam?
siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip
hmm..standar 14/38 emang kurang nyaman sih, nafas pendek2.. aplagi gigi 3, pendek bgt..
tapi biar lah, yg pnting ttp irit, coz ane pake pertamax
Mas ki Salim, mau ikut curhat, ane pnya NJMX ’12, semuanya standaran dari msn sampe kaki2, oli pake Castrol Power 1 , thn kemarin mudik lebaran, pas ngeber d jln kosong &lurus, top speed nya sampe ke 125 km/h, itu pun masih mau nambah lagi, kalo jlnnya kosong, akselerasi tetep enteng, BBM Premium, irit 1 lt bisa smpai 45 km, ini tes speed ane mas,
gear 1, 38 km/h
gear 2, 60 km/h
gear 3, 83 km/h
gear 4, 105 km/h
gear 5, 125 km/h – ga tau mau nambah lagi
kalau mas ki Salim mau saranin, motor ane bisa di ganti gear gak, ukuran dpn brpa ukuran blkng brpa, biar makin nyemprung…….
matur nuwun mas. Assalamu’alaikum wr. wb.
Rata2 standar top speed memang segitu. Ane tertinggi pernah 132 km/h itu dulu ketika berat badan cuma 50-60 kg. Beda sekarang dah hampir masuk 90 kg top speed cuma 110 km/h. Kalo saran ane sih sudah cukup mas. Dengan pencapaian segitu dah lah. Sekarang mau ngebut juga susah. Beda kalo mau di pake kompetisi atau doyan nyentul. Tapi rencana ane mau aplikasikan gear 15/39 punya old mx.
oh, begitu ya mas, tar di coba gear 15/39 nya, kalau blh ada saran lagi, tarikan gas NJMX ane, udah mulai berat nih, padahal udah di service di bengkel resmi, katanya kondisinya ga apa2, nah ini pengaruh apnya mas..?
itu efek dua kabel gas mas bro,, saya juga ngalami… memang untuk kabel gas yang doble agak berat ketika usia pemakaian menginjak 3 tahun. baru2 ini ane juga merasakan. sempat terpikir ganti kabel gas. tapi belum terlaksana karena di rasa masih layak jalan.
wih 132 kpj, ane aja mentok paling -+125kpj, kok bisa sih pak, ane 125kpj rpm masih d 7500-8000an
saya juga g tau kenapa bisa. tapi saran saya tidak usah ngebut sampai segitu. karena 132 km/h itu kecepatan tertinggi ane dengan mx dan tidak akan saya ulang lagi. gara2 kecepatan itu biaya yang di keluarkan mencapai 1 buah motor batangan n aksesoris.
Gen apa benar klo pke oli kastrol power 1 bisa smpe 125 lebih…
Karna saya pakai enduro recing, udah tes sampe banyak kali, cuma mentok di 123..
Tidak menjamin. Top speed tinggi dapat di raih bukan hanya karena oli saja. Tapi banyak aspek yg mendukung. Seperti track,bbm,mesin,ban,berat badan rider,angin dll.
Masukan aja ni
NJMX ane cm main kelistrikan aja sm sprti di atas. Tanpa bore up.
Gear dpn 14 blkg 39, gigi 1-5 gk ada overdrive. Krn kalau belakang di kecilin atau depan di gedein bakal terjadi overdrive parah pada waktu gigi 5 nya. Skr bisa buat balap vixi atau CB150R.
Setiap modifikasi tinggal bagaimana dan apa tujuannya. Kalo tujuanya untuk balap bagus tapi resmi.. Kalo hanya main kebut2an di jalan rugi anda. Kalo overdrive parah pun jauh lebih baik karena tujuannya memang untuk kenyamanan berkendara…
memang benar, tp perjalanan sy tiap hari melewati jalan provinsi yg sgt panjang dan melawan kendaraan besar. kecepatan rata2 90-110km/h. wktu mw menyalip truk gandeng dan bus mau tidak mau harus butuh akselerasi lebih. makanya gear blkg sy ganti jd lbh besar.
Ane punya cukup pake oli enduro recing,
gigi 1 smpe 40
2, smpe 65
3,smpe 97
4, smpe 115
5, smpe 123
salam kenal dab dewe mong tonggo..
tonggo sebelah gunong..hikhik…:)
memang pos wes suwe tapi nek ngomongke otomotif tetep asik…
nggo boso indo wae yo ben rodok formal..
ane baru mau coba pakai koil karisma yang output bisa k/l sampek 35000volt yang mau disalurkan ke busi untuk memercikkan api di ruang pembakaran sehingga bembakaran semakan sempurna apalagi ane pake pertamak+ dengan dibarengi penggantian busi platinum semi rece.
nah kita kan pakai busi platinum termasuk busi semi race kan dan umumnya dipakai pada dapur pacu berkompresi lebih tinggi dari standarnya.
nak kalau saya tidak menaikan kompresi motornya apa pengaruhnya pada power,mesin,konsumsi bbm dan pengaruh saat saya ganti gear depan 15 mta ?
mohon pencerahanya
bagi yang tahu mohon new bie dibantu…
:):)
Aslm.wr.wb.
Salam perkenalan buat Ki Salim & Agan2 YMJ-MX Riders.
Mohon izin konsultasi & sharing ya Gan (maaf klo panjang banget )
Saya punya masalah tentang tarikan MX (old) Th.2006. 1 minggu yll sy ganti kopling standar (ori) YMX di bengkel resmi Yamaha, ketika saya test riding dalam kota (Bogor-Jakarta) tarikan normal2 & baik2 aj.
Namun 3 hari kemudian, bgt sy bawa MX sy melalui jalur puncak (jabar) tujuan salah satu kampung disamping Istana Cipanas, baru terlihat kalo power mesin terasa drop, aplg pas melewati sekitar wilayah mega mendung & cipayung yg terdapat track menanjak panjang (lurus +- 1 – 2 km), perseneling hy bs pakai gigi 1 atau 2 saja (saya berboncengan dg Istri & anak umur 5th (total beban penumpang +- 168Kg).
Padahal byk bikers2 lain yg saat itu juga berboncengan namun motor2 mereka (merk variatif) dengan enaknya tetap bisa melibas jalan Raya Puncak spt tanpa ada masalah dengan mesin motor mrk.
Setelah saya sampai di Cipanas, saya harus melibas 2 tanjakan extrim (namanya TANJAKAN BERLIAN) dgn sudut kemiringan +- 45-50 derajat dengan posisi menikung sebanyak 5x namun 2x tanjakan extrim tsb, alhasil MX-old sy pun hanya kuat dengan 1 tanjakan saja, itu pun motor hampir mundur krn gak kuat.
Alhasil, setelah pulang sy dari cipanas, sy ajukan complain ke Bengkel Yamaha tsb & melaporkan hasilnya spt diatas, laporan keluhan dterima mrk dgn baik kemudian dilakukan seting ulang :
1. Setelan pembakaran Karbu
2. Setelan pada tuas kopling (didekatkan), dgn alasan yg sebelumnya setingan jauh shg kopling selip.
Setelah sy tes jalan datar seputar bojong gede (domisili) memang ada perubahan power Y-MX-Old sy.
Oh ya, Sy dapat info dari ponakan sy di cipanas bhw memang klo motor2 sini (cipanas/puncak) punya setingan khusus, namun konsekuensinya sedikit agak boros BBM. Karena sy lihat byk motor2 yg melibas 2 tanjakan berlian tsb santai2 aj bahkan bs ngebut, gak beda juga para ojekers disana.
Saya baru akan berencana tes riding lagi ke Cipanas, untuk melalui tantangan tsb pada 1 bulan kedepan.
Nah yang ingin saya tanyakan adalah:
1. Apakah MX-old sy tsb bermasalah? dimana masalahnya?, kan kampas kopling baru saja saya ganti 3hr sebelumnya
2. Apakah benar bahwa ada setingan khusus bagi motor yg sering melibas jalur puncak/cipanas? apa yg harus diseting ulang? Gir-kah, atau Karbu-kah, atau clearence kampas kompling-kah?
(karena klo mnurut mekanik & bengkel Yamaha, sebenarnya motor itu hy perlu seting standar saja utk melibas jalur spt Puncak/Cipanas).
Mohon pencerahannya ya Ki Salim & Agan2 Bikers Y-MX !
Trims byk.
Wassalam
sekedar sharing nih om…
kemarin ane juga ganti gear… eh juga salah…
kudunya gear mx eh tokonya bilang pake punya z aja soalnya dudukan gear belakang NJMX dan OJMX beda 😀 ya sudah…
setelah di pasang ternyata
-rantainya gag kurang panjang
-gear deepan gag ada dudukan bautnya (beli lagi) 😀 dan
-ukuran gear belakang 36(standart : 39) hahhaah ya sudah lah ane coba…
kebetulan skalian servis karbu,soalnya ane beli motor seken (mx 2010) yang di pake aki2… jadi gag bs lari 😀
manteb lah… tarikan juga lebih panjang… gigi 1 bs 57kmh gigi 2 83kmh gigi 3 bs 100an (ane blm nyoba,soalnya udah gemeter duluan) gigi 4 gag pernah di pake 😀
itu ane coba pas touring ke anyer ke esokan harinya…
makasih… 😀 😀
Salam mx nusantara.
Saya punya mx new 2013,spek motor msh standar tingting tp yang saya suka dr motor mx saya topspeednya itu loh…..
Gigi 1 : 40
Gigi 2 : 75/80
Gigi 3 : 95/100
Gigi 4 : 120
Gigi 5 : 130/135. Ga ada jeroan yg saya ganti/oprek,pengapian standar pabrik dga da yg diganti.
Motor kenceng tergantung mekanik/ yg bw motornya. Mksh
ngapusi, gigi 2 njmx mentok paling 40-60, gigi 3nya aja kalo masih standard cuma mentok d 80-90 udah kena limit, njmx standart ting-ting gigi 2 80 ? gkgkgk
saya uji coba juga segitu, standar gigi 2 mentog di 65 an. gigi 3 mentog 80. Kecuali kalo ganti gear.
Yg bneeeeer jupi standar top speed nya ampe 135 an?
kalo saya mentog pernah 132 km/jam.. tergantung jalan, angin dan berat bdan pengendar juga.
Maz brow saya mau tanya.
Motor saya old mx,kabel gasnya kok terlalu berat yaa!apa harus di ganti dgn kabel yg laen?…
Minta jawabannyab yaa.
Trimz.
coba di lumasi mas kabel nya, emg agak berat krna kabelnya bercabang 2
1 untuk skep karbu , 1 nya lagi untuk pomp akselerasi di karbu, klo mau ringan lepas aja kabel yg ke pomp akselerasi, tapi hbs itu setting air screw nya lagi y.., byr setingan karbunya enak…,
itu berati gear set mx masuk ke new mx, begitu juga sebaliknya ya om? mau ganti gold chainya ygp ni rencana 😀
dalam kasus ku cuma pakai gear depan saja… kedepan memang mau aplikasikan gearset old mx.
Hasil ganti gear set pake old jupiter mx’a gmn?
Ane kurang puas nih, dah geber gigi 4 smp 110kpj, eh gigi 5 ga naek2 lg speed’a..
salam keluarga mx,rantai kamrat kurang panjang,caranya bagaimana utk nambah panjang rantai.mx pakai piston tiger dan sering kebocoran compresi.solusinya bagaimana?trima kasih
Trek lurus Klw std pabrik 135cc Napa masih kalah topspeed sama fit x 100Cc std pabrik di gigi 4 .hadeh sayang banget mungkin mesin jeroan pas gear box kekecilan banget cuma ccnya digedein jadi berat kompresinya ga imbang dan selaras sedangkan fit x gear box jeroan gedean biar ccnya kecil 97cc memudahkan kompresi malah ringan pergerakan mesin lincah.salam rider all
Coba di bandingin sendiri gearbox mx dengan fit x besar mana.. Atau coba sendiri fit x standar ngejar mx di trek lurus.. Kalo cuma sebatas kata saya rasa hanya hoak semata. Di trek lurus dan sedikit menanjak sekitar 2 – 4 derajat jangankan fkt x, supra x 125 std g bakalan mampu ngimbangi torsi mx. Kenapa saya bisa tau? Karena saya kebetulan ada 2 motor tsb. Fit x juga ada dan top speed mentog di 105. Kalo punya situ bisa lebih coba donk video nya.. Kalo g ada ya cuma hoax..
yang ini ngawur banget, gak usah d tanjakan d turunan juga gak jamin tuh fit x bisa ngimbangin mx, lah wong *megapro aja ngos-ngosan buat ngimbangin mx
*sama-sama standard pabrik
dirumah gw ada 2 supra… supraX 125D (2006) dan supraX 125R (2008)… walau sama2 supra x tapi karakternya beda… supraX 125D gigi 1-2 pendek, gigi 3 gak pendek tp juga gak panjang, gigi 4 panjang pooll (bukan overdrive) ditanjakan mantap di jalan lurus mantap, kalo tanjakan gak terlalu curam masih lah bisa ngimbangin motor laki (walau harus geber abis wkwkw)… tapi supraX 125R beda, gigi 1-3 panjaang, tapi gigi 4 overdrive. dijalan datar enak, tapi loyo abiss di tanjakan, gigi 4 pun gampang drop klo jalannya agak naik turun (jalur luar kota)… kalo liat supra yang baru kayakknya loyo juga, sering liat dijalan tanjakan kecil aja suara mesin uda ngeden, apalagi ditanjakan ekstrem hadeh
untuk perbedaan antara tipe R dan D saya rasa mas bro benar. Solanya punya saya yang tipe R memang tidak semoncer punya ayah saya yang tipe D tahun 2005 akhir yang kebetulan saya coba keduannya memang punya karakter yang berbeda. Tapi untuk perbadingan dengan merk dan genre motor lain saya rasa itu memang harus berdasarkan penelitian terlebih dahulu. Atau dengan pengalaman sendiri namun harus obyektif. cnth : kalo situ bilang bisa mengimbangi motor laki, lha laki yang mana dulu? Thunder? Megapro? Vixion? atau R1? setelah itu gimana dengan bobot rider?? sama kah?? Boncengan?? Modif kaki2?? dan masih banyak aspek yang dijadikan pertimbangan, tidak semudah itu membandingkan dua motor yang berbeda, apalagi di jalanan. bisa saja pengendara yang satu tidak terlalu greget dan sekedar mempermainkan anda kan. Paling gampang memang mencoba sendiri kedua motor tersebut. Catatan : harus Obyektif. Semisal saya pernah membandingan baik MX saya, HSX 125 D dan R, Fit X yang kebetulan punya keluarga saya. MX punya kelebihan di Torsi yang bagus dibandingkan dengan yang lain. Tapi dari segi topspeed HSX 125 baik tipe D dan R masih mengimbangi MX. Kisaran 122-126 km/h. Irit?? Tetap FIT X.
Ki sya punya MX.thn lama yang kopling.punya sya spek 57 mm, kendala mtor ngol terus d saat star d masukin gigi,spuyer ma pilot jet nyah udah pada gede, kendalanya apaan
Ki mx punya aku 57mm d star masuk giginya ngok terus pa nya itu
salam sejahtera buat keluarga
saya penunggang njmx standar, mau ganti gear dengan rasio 13/39
prtnyaan 1. bisa atau tidak?
2. kalo bisa beli dimana serta ganti rantai nggak??
terimakasih atas jawabannya
SAYA JUGA AREA SOLO
BISA! ditungu reviewnya.. saat ini baru tahap mencari feel nya…
Klo gear dpan NJMX sma new vixuon sma kh gan….
Gan motor saya udah pke velg new vixion trus udh pke gear belakang vixion jga bos.. jdi klo gear dpan NJMX sma vixion it sma gk bos…
Gan, kalo ganti gir belakang NJMX dengan gir 42 kira-kira hasilnya gimana ya? kalau melihat gear ratio New Vixion dari gigi 1-3 sama yang beda cuma gigi 4 (28/24 vs 24/21) dan gigi 5 (26/27 vs 22/23) dengan primary reduction ratio yang sama pada 73/24. Perbandingannya kan cuma beda sedikit, apakah bisa NJMX saya hampir menyamai top speed dan akselerasi untuk mencapai top speednya New Vixion. Soalnya NJMX saya untuk mencapai 120 km/h (on speedometer) sangat lambat paling mentok 118 km/h. Tambahan, diasumsikan limiter NJMX yang cuma 9200an RPM jadi sama seperti New Vixion (10000 RPM) dan top speed rata-rata New Vixion 120-130 km/h (on speedometer).
bro motor mx ku pake gear dpan 14. blakang 36 karbu ninja 150R enteng sih bwat getakan tpi top speed di gigi 5 kok gak ada peningkatan
itu enak nya di tambah apa lagi
trimz
over drive di gigi 4 bro. coba belakang di naikan beberapa gigi. biar over drive di gigi 5.
mas mau tanya nih…!! akhir2 ini saya gx bisa lagi narik gas di atas 80kjp, kalau diatas itu serasa naik kuda getarannya super…!! mohon pencerahan please,…!!
Kemaren NJMX 2011 ane pake gear set 14-36 itu di gear 4 aja udah nyampe 120km/jam,tp kok setelah ane oper ke gigi 5 naiknya lemot ,rencana ane mau ganti gear belakang suhu,mohon rekomendasinya antara gear belakang nya 37 ato yang 38 suhu kalo buat touring? dengan posisi rider yang berisi,hehehe
spek MX ane :Piston Sonic,karbu PWL 28,Koil Kharisma,Cdi MIO ,Noken Vixion(custom),sama stroke up 2mm,knalpot satria F
Kalo ane yang berat badan 90 kg. Enak buat jalan jauh 14/39. Buat nyalip2 enak. Kalo dalam kota ganti 15/39.
Ki Salim.. ane baca dari atas sampe bawah..
ada bbrp pertanyaan yg blom kejawab (mungkin kalo udah, berarti ane kelewat bacanya).. kalo njmx biar mantep tarikan awal, pake gear belakang ukuran berapa ?atau punya siapa ? 40 kah ? Kalo pake vixion ukuran 42 ga bisa, Soalnya kan kata Ki Salim beda dudukan bautnya..
NJMX ane agak berat soalnya ki, ban belakang ukuran 120/80, terus ane juga pengguna HDEO (oli diesel) ki..
Tulung ane d bantu yah ki..
Wassalam..
Sory kelewat ki..
Maksud ane yg ukuran 40an atau 42 sekalian.. soalnya sekarang udah pake gear set SINNOB punya OJMX masih berat ki..
Untuk review oli diesel monggo kunjungi web kakak ane. http://www.khoirulimamudin.info dia sudah memakai oli diesel di scorpionya. Untuk gear saya sudah coba pakai 14/39 menurut saya dah lumayan enteng.
Review nih ki..
Ane udah pake 15 depan belakang 41..
Gentakan awal mantep bgt ki, tapi topspeed cuma sampe 95kpj aja, itu aja berat bgt..
Hahaha sekedar share yah ki..
41 pake gear apa? Ya kalo rasio semakin naik top speed akan semakin berkurang. Tapi akselerasi yahuut…
Salam mx global.
Mo nanya nih..
1. Kalo buat tarikan dalam kota gear mana yg dganti, depan/belakang?
2. Dan kalo sewaktu waktu di ajak turing, kira kira bagusny ganti gear yg mana lg master?
Trims
akan saya jawab berdasar dengan pengalaman saya.
1. buat kota saya sering memakai rasio lebih rendah cth : 15/38 atau 15/39 karena memang hanya buat santai dan tidak perlu paksa mesin untuk berputar di rpm atas.
2. untuk luar kota cthnya melibas di rute2 pegunungan seperti jalur gunung sindoro,sumbing,merbabu,merapi dan untuk melibas truk2 di pantura saya rekomendasikan pakai rasio tinggi semisal saya pakai 14/39 buat ngejar akselerasi biar untuk mendahului enak. dan bisa cepat meninggalkan truk atau bis di belakang.
– semua di atas yang sering saya gonta-ganti adalah gear depan.
Kalo punya ane mx 13 stdart pabrik terawat..
Gigi1:25km dah gereng
Gigi2:50km
Gigi3:80km
Gigi4:110km
Gigi5:130km tapi naiknya lama banget ..
numpang tanya,, Njmx ane kok gk enak bngt yak,, masa gigi 5 cman max di 90 km/jam itu pun dh maksa bngt gmn nih, minta solusinya donk
coba di rpm nya di teriakin dari gigi bawah.
bro,wlo aq ga pake jmx,aq mau ty..mtrku karisma dg pelek dpn 185-17 ban 80/80, pelek belakang 250-17 ban 100/80,,skrg pake gear 14_38,,apakah sudah pas biar imbang antara akselerasi dan speed..mksh
oh ya bro,karismaku dah bore up,per klep tdr,kopling manual,knalpot fu,.makasih bantuanya
nice artikel gan ikut nyimak aja
http://otodrift.com/30-konsep-modifikasi-mobil-mazda-2-terbaru/
om.. Mau numpang tanya,,, motor jupiter mx 135,nwe cw gk pke kopling gigi4,
, itu di bagian rante tau gir depan suka bunyi bletok², kira² girnya apa rantenya,, gor padahal belum rumcing, karetnya juga masih baguss, tapi sy liat gir depan nya agak goyang,,, itu stelan, apa as nya ea,,, makasih om admin…
coba di lepas gir nya bersihkan terus taruh di atas kaca.. ntar kelihatan ngleot kagak.. kalo kagak kemungkinan rantai nya yg sudah tidak simetris..
Apakah performa akselerasi antara gear 13:39 dan 14:42 itu sama?
Kemudian kalau NJMX ganti gear 13 dengan ketebalan 428 pakai gear apa ya?
Belum pernah pakai mata 13. Selain nyari nya susah juga butuh penyesuaian dengan gir belakang. Juga menghitung jumlah mata rantainya.
Perbandingan antara 13:39 dan 14:42 sama saja. Rasio kedua nya dapa 3.0
Ki, klo gear set NJMX di pasang ke MX old, bisa ngak? Atau harus di akalin lagi pemasangannya?
bisa. paling ngakalin rantainya saja.
Iya ganti gir depan bisa buat napas motor sedikit panjang di MX gigi 1234 wish wish tapi kalo masih gi 5 najis tenaga gak ada kalah sama bekicot di PS3 gw…